Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris kelas 6 semester 2 yang berbasis TIK
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD/MI
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VI/Genap
Materi Pokok : Simple Past Tense (Pengalaman Pribadi)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
- KI-1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- KI-2: Menunjukkan perilaku
1 jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga serta cinta tanah air. - KI-3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
2 tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya3 di rumah, di sekolah, dan tempat bermain. - KI-4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis
4 dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.5
B. Kompetensi Dasar (KD) & Indikator Pencapaian Kompetensi
-
KD 3.8: Mengenal dan menyebutkan kosakata baru dan ungkapan terkait topik past experiences.
- IPK 3.8.1: Mengidentifikasi kata kerja bentuk lampau (regular dan irregular verbs) yang relevan dengan pengalaman pribadi.
- IPK 3.8.2: Menyebutkan kosakata baru dan ungkapan terkait pengalaman pribadi.
-
KD 4.8: Menceritakan pengalaman pribadi sederhana dengan menggunakan kalimat yang benar.
- IPK 4.8.1: Menyusun kalimat sederhana menggunakan Simple Past Tense untuk menceritakan pengalaman.
- IPK 4.8.2: Bertanya dan menjawab pertanyaan sederhana tentang pengalaman pribadi menggunakan Simple Past Tense.
- IPK 4.8.3: Menceritakan pengalaman pribadi secara lisan dengan runtut dan percaya diri.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran berbasis TIK yang menyenangkan dan interaktif, peserta didik diharapkan dapat:
- Mengidentifikasi minimal 5 kata kerja bentuk lampau (regular dan irregular verbs) yang relevan dengan pengalaman pribadi dengan benar.
- Menyebutkan minimal 5 kosakata baru dan ungkapan terkait pengalaman pribadi dengan lafal yang tepat.
- Menyusun minimal 3 kalimat sederhana menggunakan Simple Past Tense untuk menceritakan pengalaman pribadi.
- Bertanya dan menjawab minimal 2 pertanyaan sederhana tentang pengalaman pribadi menggunakan Simple Past Tense.
- Menceritakan pengalaman pribadi sederhana secara lisan dengan runtut dan percaya diri menggunakan bantuan visual dari TIK.
D. Materi Pembelajaran
- Topik: Past Experiences (Simple Past Tense)
- Sub-topik:
- Vocabulary: visited, played, watched, ate, drank, went, saw, had, was, were (kata kerja bentuk lampau yang umum dan relevan dengan pengalaman anak-anak), yesterday, last week, last holiday, a long time ago (keterangan waktu)
- Grammar: Simple Past Tense (bentuk positif, negatif, dan interogatif sederhana)
- Contoh kalimat: I visited the zoo yesterday. Did you play football last week?
E. Metode Pembelajaran
- Interactive Storytelling (menggunakan presentasi bergambar/animasi)
- Grammar Games (menggunakan aplikasi edukasi)
- Diskusi Kelompok Berbasis Gambar/Video
- Tanya Jawab Interaktif
- Kerja Kelompok (membuat timeline digital pengalaman pribadi)
- Role-play dengan bantuan digital prompts
F. Media dan Alat Pembelajaran
- Perangkat Keras: Komputer/Laptop, Proyektor/Layar Interaktif, Speaker, Headset (jika diperlukan)
- Perangkat Lunak/Aplikasi:
- Aplikasi presentasi (Google Slides, PowerPoint dengan animasi)
- Aplikasi word processing (Google Docs, Microsoft Word)
- Aplikasi timeline digital (TimeToast, Sutori)
- Aplikasi/Website Interactive Grammar Games (British Council LearnEnglish Kids, Education.com)
- Video cerita sederhana tentang pengalaman masa lalu dari internet (YouTube)
- Gambar-gambar yang berkaitan dengan berbagai pengalaman (liburan, kegiatan di rumah, dll.)
- Materi Cetak: Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai pendukung
G. Sumber Belajar
- Buku paket Bahasa Inggris SD kelas VI
- Materi interaktif dari internet (video cerita, games tata bahasa)
- Aplikasi timeline digital
- Pengalaman pribadi siswa
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- Orientasi:
- Guru menyapa siswa dengan antusias. ("Hello everyone! How's your day going?")
- Guru mengecek kehadiran siswa.
- Guru memberikan motivasi dengan menampilkan gambar atau video singkat tentang kegiatan seru yang pernah dilakukan anak-anak.
- Apersepsi:
- Guru bertanya kepada siswa tentang pengalaman menarik yang pernah mereka alami. ("Can you tell me one interesting thing you did last weekend?") (dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sederhana jika memungkinkan)
- Guru mengaitkan dengan materi: "Today, we will learn how to talk about our past experiences in English using the Simple Past Tense!"
- Penyampaian Tujuan Pembelajaran dan Kegiatan Pembelajaran Berbasis TIK:
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dengan bahasa yang mudah dipahami. ("Today, we will learn how to say what we did yesterday or last week using fun stories and games on the computer!")
- Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, termasuk menonton cerita animasi, bermain grammar games, dan membuat timeline digital.
Kegiatan Inti (50 menit)
-
Pengenalan Simple Past Tense melalui Interactive Storytelling (15 menit):
- Guru menampilkan presentasi atau video animasi cerita sederhana tentang pengalaman seorang anak di masa lalu. Guru menyoroti penggunaan kata kerja bentuk lampau dalam cerita.
- Guru mengidentifikasi dan menuliskan kata kerja bentuk lampau yang muncul dalam cerita di papan tulis atau whiteboard.
- Guru menggunakan aplikasi kamus digital untuk menunjukkan bentuk dasar dan bentuk lampau dari kata kerja tersebut.
-
Latihan Identifikasi dan Penggunaan Kata Kerja Bentuk Lampau (15 menit):
- Interactive Grammar Game 1: Guru menggunakan platform seperti British Council LearnEnglish Kids atau Education.com untuk memainkan game interaktif yang fokus pada identifikasi dan penggunaan kata kerja bentuk lampau (misalnya, matching pairs, mengisi bagian yang kosong). Siswa bermain secara individu atau berkelompok menggunakan perangkat yang tersedia.
- Guru memberikan LKS yang berisi latihan sederhana mengubah kata kerja bentuk dasar menjadi bentuk lampau. Siswa mengerjakan secara mandiri.
-
Menceritakan Pengalaman Pribadi dengan Bantuan Timeline Digital (15 menit):
- Guru menjelaskan cara membuat timeline sederhana tentang pengalaman pribadi menggunakan aplikasi seperti TimeToast atau Sutori.
- Siswa secara berkelompok atau individu membuat timeline digital yang berisi 2-3 pengalaman pribadi sederhana (misalnya, liburan terakhir, kegiatan akhir pekan). Mereka menyertakan gambar (dapat mencari di internet atau menggunakan gambar pribadi) dan menuliskan kalimat sederhana tentang setiap pengalaman menggunakan Simple Past Tense.
- Guru memberikan prompt pertanyaan untuk membantu siswa menyusun kalimat ("Where did you go?", "What did you do there?", "When did it happen?").
Kegiatan Penutup (10 menit)
- Berbagi Pengalaman dan Refleksi (5 menit):
- Beberapa siswa secara sukarela atau ditunjuk berbagi timeline digital pengalaman pribadi mereka dengan teman-teman sekelas. Mereka menceritakan pengalaman mereka secara lisan dengan bantuan timeline sebagai visual.
- Guru memimpin diskusi refleksi: "What did you learn about telling stories about the past in English today?", "What is the difference between the present and the past tense?" Siswa memberikan jawaban secara lisan.
- Evaluasi (3 menit):
- Guru memberikan kuis singkat menggunakan platform seperti Google Forms atau ment Meter tentang identifikasi kata kerja bentuk lampau dan menyusun kalimat Simple Past Tense sederhana.
- Tindak Lanjut (2 menit):
- Guru memberikan tugas rumah yang memanfaatkan TIK, misalnya mencari satu cerita pendek berbahasa Inggris yang menggunakan Simple Past Tense dan mengidentifikasi 5 kata kerja bentuk lampau di dalamnya.
- Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya (topik lain atau pendalaman Simple Past Tense).
- Penutup:
- Guru memberikan pujian atas partisipasi aktif siswa.
- Guru menutup pelajaran dengan salam. ("Well done, everyone! See you next time!")
I. Penilaian Pembelajaran
- Sikap: Observasi keaktifan, kerjasama, dan kepercayaan diri siswa selama kegiatan pembelajaran berbasis TIK.
- Pengetahuan:
- Hasil interactive grammar games.
- Jawaban siswa dalam kuis online atau lisan.
- Ketepatan siswa dalam mengidentifikasi kata kerja bentuk lampau.
- Keterampilan:
- Kemampuan siswa menyusun kalimat Simple Past Tense (dinilai dari timeline digital atau tugas).
- Kemampuan siswa bertanya dan menjawab pertanyaan tentang pengalaman pribadi (dinilai selama diskusi atau role-play).
- Kemampuan siswa menceritakan pengalaman pribadi secara lisan (dinilai saat berbagi timeline).
J. Pengayaan dan Remedial
- Pengayaan: Siswa yang cepat memahami materi dapat diberikan tugas tambahan seperti menulis cerita pendek tentang pengalaman pribadi yang lebih kompleks menggunakan Simple Past Tense dan menambahkan detail deskriptif. Mereka juga dapat membuat interactive quiz sederhana tentang Simple Past Tense menggunakan platform edukasi.
- Remedial: Siswa yang mengalami kesulitan akan diberikan bimbingan tambahan, pengulangan materi dengan contoh kalimat yang lebih sederhana, dan latihan interaktif yang lebih fokus pada bentuk dasar dan bentuk lampau kata kerja yang sering digunakan. Guru dapat menyediakan worksheet tambahan dengan bantuan visual.
Refleksi Guru:
- Catatan tentang tingkat pemahaman siswa terhadap Simple Past Tense.
- Efektivitas penggunaan TIK dalam membantu siswa memahami dan menggunakan Simple Past Tense.
- Kendala teknis yang dihadapi dan solusi yang diterapkan.
- Ide-ide untuk meningkatkan pembelajaran Simple Past Tense di pertemuan berikutnya dengan memanfaatkan TIK.
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
NIP. NIP.
Catatan Tambahan untuk Pembelajaran Berbasis TIK yang Efektif di SD Kelas 6:
- Libatkan siswa dalam memilih aplikasi/platform (jika memungkinkan): Ini dapat meningkatkan motivasi mereka.
- Berikan instruksi yang jelas dan bertahap: Terutama saat menggunakan aplikasi baru.
- Pastikan semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi: Atur kegiatan kelompok atau individu secara bergantian.
- Gunakan fitur kolaborasi pada aplikasi (jika ada): Ini dapat mendorong interaksi antar siswa.
- Berikan umpan balik yang konstruktif: Bantu siswa memahami kesalahan mereka dan cara memperbaikinya.
- Sesuaikan tingkat kesulitan tugas dengan kemampuan siswa: Berikan tantangan yang sesuai agar siswa tetap termotivasi.
- Rayakan keberhasilan siswa: Berikan pujian dan apresiasi atas usaha dan pencapaian mereka.
Semoga RPP ini bermanfaat dan dapat diimplementasikan dengan sukses di kelas Anda!
Salam
Hady F
Comments
Post a Comment