RPP Bahasa Inggris Kelas IV Materi "Things In a House" yang Berbasis TIK

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Komponen: Deskripsi
Sekolah: SD/MI (Nama Sekolah Anda)
Mata Pelajaran: Bahasa Inggris
Kelas/Semester: IV (Empat) / Ganjil
Materi Pokok: Things in a House (Benda-benda di Rumah)
Alokasi Waktu: 2 x 35 Menit (1 Pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran dengan pendekatan TIK, peserta didik diharapkan mampu:

  1. Mengidentifikasi (secara lisan dan tertulis) minimal 10 kosakata baru terkait benda-benda di rumah () dengan benar. (Kognitif)

  2. Menggunakan ungkapan There is/There are untuk menjelaskan keberadaan benda di rumah secara sederhana. (Kognitif & Psikomotor)

  3. Membuat presentasi/poster digital sederhana tentang ruangan dan benda-benda di rumah impian mereka menggunakan aplikasi TIK (misalnya: Google Slides, Canva, atau Ms. PowerPoint) dengan penuh percaya diri dan bermakna. (Keterampilan/TIK)

B. Materi Pembelajaran

  1. Kosakata: Nama-nama benda di berbagai ruangan rumah (living room, bedroom, kitchen, bathroom).

  2. Struktur Teks/Tata Bahasa: Penggunaan There is (untuk benda tunggal) dan There are (untuk benda jamak).

    • There is a pillow on the bed.

    • There are three chairs in the dining room.

  3. Unsur Kebahasaan: Ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang benar saat menyebutkan kosakata dan kalimat.

C. Metode dan Pendekatan Pembelajaran

D. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

JenisDeskripsiTIK/Non-TIK
Sumber BelajarBuku Paket Bahasa Inggris Kelas 5, Internet (Contoh gambar/video rumah).TIK/Non-TIK
Media UtamaLaptop/Komputer, Proyektor/Layar, Koneksi Internet, Aplikasi Presentasi Digital (Canva/Google Slides/PowerPoint).TIK
Media TambahanKartu bergambar (flashcards) benda-benda di rumah (opsional).Non-TIK

E. Langkah-Langkah Pembelajaran

TahapanAlokasi WaktuKegiatan GuruKegiatan Peserta DidikKeterlibatan TIK/Makna
Pendahuluan10 menit1. Memberi salam dan berdoa. 2. Apersepsi & Motivasi: Mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari ("Siapa yang suka membantu merapikan kamar? Benda apa saja yang ada di kamarmu?"). 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan keterkaitannya dengan TIK.1. Menjawab salam dan berdoa. 2. Merespons pertanyaan guru. 3. Menyimak tujuan pembelajaran.Makna: Menghubungkan materi dengan pengalaman pribadi (rumah).
Kegiatan Inti50 menit
1. Mengamati (Observing) & Menggali Konsep TIKGuru menampilkan video/gambar 360 virtual tour (dari YouTube/Google Maps) sebuah rumah, fokus pada benda-benda dan ruangan di dalamnya.Peserta didik mengamati video/gambar, mendengarkan, dan mencatat beberapa kosakata benda baru yang mereka temui.TIK: Pemanfaatan Virtual Tour atau video interaktif untuk visualisasi nyata. Makna: Pembelajaran lebih kontekstual dan nyata.
2. Menanya (Questioning) & Eksplorasi KosakataGuru memandu tanya jawab: "What is this?", "Where is the sofa?", "Is there a TV in the living room?" Guru memperkuat penggunaan There is/There are.Peserta didik bertanya tentang kosakata/frasa yang belum dipahami dan menjawab pertanyaan guru secara lisan.Makna: Melatih kepercayaan diri lisan dan aplikasi tata bahasa dasar.
3. Mengumpulkan Informasi (Gathering Information) & Latihan TIKGuru membagi siswa menjadi kelompok (3-4 orang) dan memberikan Project (Tugas Bermakna): "My Dream House Presentation." (membuat presentasi/poster digital tentang rumah impian mereka, minimal 3 ruangan, 10 benda).Peserta didik berkelompok. Mereka mengakses perangkat TIK (HP/Laptop/Komputer Sekolah) dan mulai merancang slide presentasi atau poster digital menggunakan Canva/Slides/PowerPoint.TIK: Integrasi TIK sebagai alat kreasi/produksi. Makna: Mendorong kolaborasi dan kreativitas digital.
4. Mengolah Informasi (Associating) & RevisiGuru berkeliling, memberikan bimbingan teknis (penggunaan TIK) dan substansi (penggunaan kosakata dan tata bahasa yang tepat dalam presentasi).Peserta didik berdiskusi dalam kelompok, memilih gambar benda/ruangan, dan menuliskan deskripsi sederhana menggunakan There is/are.TIK: Mempraktikkan TIK secara langsung. Makna: Memastikan hasil kerja aplikatif (menggunakan grammar yang dipelajari).
Penutup10 menit1. Presentasi Singkat: Meminta 1-2 kelompok secara acak untuk memamerkan hasil kerja digitalnya (jika waktu memungkinkan). 2. Refleksi: Menanyakan "Apa yang paling kamu sukai dari rumah impianmu?" 3. Pemberian Tugas: Menyelesaikan presentasi di rumah dan mengirimkannya melalui platform daring (email/LMS) untuk penilaian. 4. Menyampaikan materi pertemuan berikutnya.1. Mempresentasikan hasil kerja. 2. Melakukan refleksi. 3. Mencatat tugas.TIK: Tindak lanjut TIK (pengiriman tugas secara digital). Makna: Memperkuat hasil belajar sebagai produk.


F. Penilaian Pembelajaran

Aspek PenilaianTeknik PenilaianInstrumen PenilaianKeterangan
SikapObservasiJurnal Pengamatan (fokus: kedisiplinan, kolaborasi)Bermana: Mengukur sikap dalam kerja kelompok TIK.
PengetahuanTes TertulisSoal Isian Singkat (kosakata) dan Melengkapi Kalimat (There is/are)Mengukur pemahaman konsep.
KeterampilanPenilaian Proyek DigitalRubrik Penilaian Proyek (Aspek: Kelengkapan Kosakata, Ketepatan Struktur There is/are, Kreativitas Desain TIK).Bagus & Bermakna: Menilai hasil kerja yang terintegrasi TIK dan aplikatif.

Catatan Khusus: RPP ini didesain bermakna dengan menjadikan TIK (aplikasi presentasi/desain) bukan sekadar media, tetapi alat produksi bagi siswa untuk menciptakan proyek tentang "Rumah Impian" mereka sendiri.




Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan ALTHOUGH dan EVEN THOUGH

VERB - ING ; Aturan - aturannya dan contoh soal

Integrasi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Dunia Pendidikan