RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran dengan pendekatan TIK, peserta didik diharapkan mampu:
Mengidentifikasi (secara lisan dan tertulis) minimal 10 kosakata baru terkait benda-benda di rumah (table,bed,sofa,lamp,stove,etc.) dengan benar. (Kognitif)
Menggunakan ungkapan There is/There are untuk menjelaskan keberadaan benda di rumah secara sederhana. (Kognitif & Psikomotor)
Membuat presentasi/poster digital sederhana tentang ruangan dan benda-benda di rumah impian mereka menggunakan aplikasi TIK (misalnya: Google Slides, Canva, atau Ms. PowerPoint) dengan penuh percaya diri dan bermakna. (Keterampilan/TIK)
B. Materi Pembelajaran
Kosakata: Nama-nama benda di berbagai ruangan rumah (living room, bedroom, kitchen, bathroom).
Struktur Teks/Tata Bahasa: Penggunaan There is (untuk benda tunggal) dan There are (untuk benda jamak).
Unsur Kebahasaan: Ucapan, tekanan kata, dan intonasi yang benar saat menyebutkan kosakata dan kalimat.
C. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
D. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
Jenis | Deskripsi | TIK/Non-TIK |
Sumber Belajar | Buku Paket Bahasa Inggris Kelas 5, Internet (Contoh gambar/video rumah). | TIK/Non-TIK |
Media Utama | Laptop/Komputer, Proyektor/Layar, Koneksi Internet, Aplikasi Presentasi Digital (Canva/Google Slides/PowerPoint). | TIK |
Media Tambahan | Kartu bergambar (flashcards) benda-benda di rumah (opsional). | Non-TIK |
E. Langkah-Langkah Pembelajaran
Tahapan | Alokasi Waktu | Kegiatan Guru | Kegiatan Peserta Didik | Keterlibatan TIK/Makna |
Pendahuluan | 10 menit | 1. Memberi salam dan berdoa. 2. Apersepsi & Motivasi: Mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari ("Siapa yang suka membantu merapikan kamar? Benda apa saja yang ada di kamarmu?"). 3. Menyampaikan tujuan pembelajaran dan keterkaitannya dengan TIK. | 1. Menjawab salam dan berdoa. 2. Merespons pertanyaan guru. 3. Menyimak tujuan pembelajaran. | Makna: Menghubungkan materi dengan pengalaman pribadi (rumah). |
Kegiatan Inti | 50 menit | | | |
1. Mengamati (Observing) & Menggali Konsep TIK | | Guru menampilkan video/gambar 360 virtual tour (dari YouTube/Google Maps) sebuah rumah, fokus pada benda-benda dan ruangan di dalamnya. | Peserta didik mengamati video/gambar, mendengarkan, dan mencatat beberapa kosakata benda baru yang mereka temui. | TIK: Pemanfaatan Virtual Tour atau video interaktif untuk visualisasi nyata. Makna: Pembelajaran lebih kontekstual dan nyata. |
2. Menanya (Questioning) & Eksplorasi Kosakata | | Guru memandu tanya jawab: "What is this?", "Where is the sofa?", "Is there a TV in the living room?" Guru memperkuat penggunaan There is/There are. | Peserta didik bertanya tentang kosakata/frasa yang belum dipahami dan menjawab pertanyaan guru secara lisan. | Makna: Melatih kepercayaan diri lisan dan aplikasi tata bahasa dasar. |
3. Mengumpulkan Informasi (Gathering Information) & Latihan TIK | | Guru membagi siswa menjadi kelompok (3-4 orang) dan memberikan Project (Tugas Bermakna): "My Dream House Presentation." (membuat presentasi/poster digital tentang rumah impian mereka, minimal 3 ruangan, 10 benda). | Peserta didik berkelompok. Mereka mengakses perangkat TIK (HP/Laptop/Komputer Sekolah) dan mulai merancang slide presentasi atau poster digital menggunakan Canva/Slides/PowerPoint. | TIK: Integrasi TIK sebagai alat kreasi/produksi. Makna: Mendorong kolaborasi dan kreativitas digital. |
4. Mengolah Informasi (Associating) & Revisi | | Guru berkeliling, memberikan bimbingan teknis (penggunaan TIK) dan substansi (penggunaan kosakata dan tata bahasa yang tepat dalam presentasi). | Peserta didik berdiskusi dalam kelompok, memilih gambar benda/ruangan, dan menuliskan deskripsi sederhana menggunakan There is/are. | TIK: Mempraktikkan TIK secara langsung. Makna: Memastikan hasil kerja aplikatif (menggunakan grammar yang dipelajari). |
Penutup | 10 menit | 1. Presentasi Singkat: Meminta 1-2 kelompok secara acak untuk memamerkan hasil kerja digitalnya (jika waktu memungkinkan). 2. Refleksi: Menanyakan "Apa yang paling kamu sukai dari rumah impianmu?" 3. Pemberian Tugas: Menyelesaikan presentasi di rumah dan mengirimkannya melalui platform daring (email/LMS) untuk penilaian. 4. Menyampaikan materi pertemuan berikutnya. | 1. Mempresentasikan hasil kerja. 2. Melakukan refleksi. 3. Mencatat tugas. | TIK: Tindak lanjut TIK (pengiriman tugas secara digital). Makna: Memperkuat hasil belajar sebagai produk. |
F. Penilaian Pembelajaran
Aspek Penilaian | Teknik Penilaian | Instrumen Penilaian | Keterangan |
Sikap | Observasi | Jurnal Pengamatan (fokus: kedisiplinan, kolaborasi) | Bermana: Mengukur sikap dalam kerja kelompok TIK. |
Pengetahuan | Tes Tertulis | Soal Isian Singkat (kosakata) dan Melengkapi Kalimat (There is/are) | Mengukur pemahaman konsep. |
Keterampilan | Penilaian Proyek Digital | Rubrik Penilaian Proyek (Aspek: Kelengkapan Kosakata, Ketepatan Struktur There is/are, Kreativitas Desain TIK). | Bagus & Bermakna: Menilai hasil kerja yang terintegrasi TIK dan aplikatif. |
Catatan Khusus: RPP ini didesain bermakna dengan menjadikan TIK (aplikasi presentasi/desain) bukan sekadar media, tetapi alat produksi bagi siswa untuk menciptakan proyek tentang "Rumah Impian" mereka sendiri.
Comments
Post a Comment