RANGKUMAN MATERI B INGGRIS KELAS 6 SEMESTER 1
📝 Ringkasan Materi Bahasa Inggris Kelas 6 Semester 1
Materi utama dalam soal-soal ini berfokus pada penggunaan Simple Past Tense (Tenses Masa Lampau Sederhana) untuk menceritakan kegiatan atau peristiwa yang terjadi di masa lalu.
1. Simple Past Tense
Simple Past Tense digunakan untuk menyatakan aksi atau keadaan yang terjadi dan selesai pada waktu tertentu di masa lampau.
* Pola Kalimat Positif: Subjek + Verb 2 (Kata Kerja Bentuk Kedua) + Objek/Keterangan
* Contoh: "She studied English last night" (Soal 11).
* Contoh: "My sister sang a song two days ago" (Soal 15).
* Pola Kalimat Tanya (Yes/No Question): Did + Subjek + Verb 1 (Kata Kerja Bentuk Dasar)?
* Pola Kalimat Tanya (Question Word): What/Where/When/How + did + Subjek + Verb 1?
2. Kosakata (Vocabulary)
Materi ini melibatkan berbagai jenis kosakata, termasuk:
A. Keterangan Waktu (Adverbs of Time) dalam Simple Past Tense
Kata-kata yang menunjukkan waktu lampau, seperti:
* Yesterday (kemarin)
* Last night (tadi malam)
* Last Monday (Senin lalu)
* Two days ago (dua hari yang lalu)
* Two months ago (dua bulan yang lalu)
* Last Sunday (Minggu lalu)
* Last week (minggu lalu/seminggu yang lalu)
B. Kata Kerja Bentuk Kedua (Verb 2)
Beberapa contoh kata kerja bentuk kedua yang digunakan:
* Washed (mencuci)
* Cooked (memasak)
* Slept (tidur)
* Listened (mendengarkan)
* Drove (mengendarai)
* Went (pergi)
* Watched (menonton)
* Ran (berlari)
* Bought (membeli)
* Borrowed (meminjam)
C. Kata Sifat (Adjectives)
Digunakan untuk mendeskripsikan perasaan:
* Confused (bingung)
* Tired (lelah/capek)
* Sad (sedih)
* Happy (senang)
* Disappointed (kecewa)
* Afraid (takut)
D. Aktivitas/Kegiatan
* Aktivitas di Sekolah/Perpustakaan: borrowed books, read a magazine, looked for a book, went back to class.
* Aktivitas di Pantai (Beach): collected sea shells, surfed, took pictures, swam.
* Aktivitas Lain: called my friend, went to Denpasar by plane, had lunch, visited grandma's house.
3. Pemahaman Teks (Reading Comprehension)
Materi ini juga menguji kemampuan siswa dalam memahami informasi rinci dari teks, termasuk:
* Teks Naratif/Cerita: Menemukan informasi spesifik (Siapa, Apa, Di mana, Kapan) dari cerita tentang kegiatan Linda di perpustakaan dan dialog Andi-Boby.
* Teks Deskripsi Perjalanan: Menemukan informasi tentang tempat menginap, tempat wisata, dan tanggal kunjungan dari teks liburan di Yogyakarta.
4. Menyusun Kalimat dan Paragraf
Siswa juga diminta untuk:
* Menyusun kata acak menjadi kalimat yang benar.
* Menyusun kalimat acak menjadi paragraf yang baik (urutan kronologis atau logis).
So good
ReplyDeletePlaying football
Deleteso good
ReplyDeleteIm from Indonesian
ReplyDelete