RPP Bahasa Inggris kelas 4 materi "simple sentences" yang bermuatan "konservasi air"
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD/MI Sederajat
Kelas / Semester : IV / II
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : Simple Sentences (Terkait Konservasi Air)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 Pertemuan)
A. KOMPETENSI INTI (KI)
- KI 1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
- KI 2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, serta cinta tanah air.
- KI 3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu
2 tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda3 dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain. - KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis,
4 dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan5 anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
| Kompetensi Dasar ! | 3.5 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks deskriptif sederhana lisan dan tulis terkait topik kehidupan sehari-hari. | 3.5.1 Mengidentifikasi subjek dan predikat dalam simple sentences terkait konservasi air.
3.5.2 Menyebutkan contoh-contoh simple sentences yang berkaitan dengan tindakan konservasi air.
3.5.3 Memahami makna dari simple sentences yang berkaitan dengan konservasi air.
- | 4.5 Menyusun teks deskriptif sederhana lisan dan tulis terkait topik kehidupan sehari-hari, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. | 4.5.1 Membuat simple sentences lisan tentang cara-cara menghemat air. 4.5.2 Menulis simple sentences sederhana tentang pentingnya air bagi kehidupan. 4.5.3 Mempresentasikan simple sentences yang telah dibuat di depan kelas.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Mengidentifikasi subjek dan predikat dalam simple sentences terkait konservasi air dengan benar.
- Menyebutkan minimal 3 contoh simple sentences yang berkaitan dengan tindakan konservasi air dengan tepat.
- Memahami makna dari simple sentences yang berkaitan dengan konservasi air dengan baik.
- Membuat minimal 2 simple sentences lisan tentang cara-cara menghemat air dengan percaya diri.
- Menulis minimal 2 simple sentences sederhana tentang pentingnya air bagi kehidupan dengan benar.
- Mempresentasikan simple sentences yang telah dibuat di depan kelas dengan lancar.
- Menunjukkan sikap peduli terhadap pentingnya konservasi air dalam kehidupan sehari-hari.
D. MATERI PEMBELAJARAN
- Simple Sentences: Pengertian dan unsur-unsurnya (subjek dan predikat).
- Kosakata terkait Konservasi Air: save water, turn off the tap, collect rainwater, water plants, use a bucket, don't waste water, water is important, plants need water, animals need water, we need water.
- Contoh Simple Sentences tentang Konservasi Air:
- We save water.
- She turns off the tap.
- They collect rainwater.
- I water the plants.
- He uses a bucket.
- Don't waste water.
- Water is important.
- Plants need water.
- Animals need water.
- We need water.
E. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah interaktif
- Tanya jawab
- Diskusi
- Permainan (tebak kata/gambar)
- Penugasan
- Presentasi
F. MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
- Gambar/poster tentang konservasi air.
- Kartu kata (vocabulary terkait konservasi air).
- Lembar kerja siswa (LKS).
- Papan tulis/proyektor (jika tersedia).
- Spidol/alat tulis.
G. SUMBER BELAJAR
- Buku siswa Bahasa Inggris kelas IV.
- Lingkungan sekitar sekolah (contoh tindakan konservasi air).
- Internet (jika tersedia).
- Sumber lain yang relevan.
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
| Kegiatan | Deskripsi Kegiatan
1. Siswa membuat kalimat sederhana menggunakan simpe present terkait konservasi air ( water conservation)
2. Siswa membuat poster tentang konservasi air
3, mengidentifikasi manfaat konservasi air
4, Menuliskan kosa kata yang terkait konservasi air
...................., ..............................2025
Mengetahui,
Kepala sekolah, Guru mata pelajaran,
(.......................................) (.......................................)
NIP. ................................. NIP. .................................
Comments
Post a Comment